Klik!

Selasa, 15 Januari 2013

Penggusuran Paksa Kios Stasiun Pondok Cina

Depok--Senin, 14/1/13. Telah terjadi penggusuran paksa di St. Pondok Cina. Sejumlah kios luluh lantak dirusak preman bayaran. Para pedagang di kios tersebut mengaku bahwa mereka bersedia untuk ditata, ditertibkan, dan diatur. Bukan digusur. 


Buku-buku di kios mereka rusak dan berserakan. Sudah jelas mereka mengalami kerugian yang cukup besar. Padahal, sejumlah pedagang menggantungkan hidupnya dari berdagang buku di kios itu. Begitu pula dengan mahasiswa UI dan Gunadarma yang berada dekat dengan St. Pondok Cina, mereka juga membeli buku, alat tulis, dan perlengkapan kuliah lainnya di kios itu. Jadi, dapat dikatakan bahwa pedagang dan mahasiswa tersebut saling membutuhkan.
 
Tidak terima dengan penggusuran tersebut, para pedagang akhirnya memblokir rel kereta sehingga keberangkatan kereta terganggu. Mereka memblokir dengan cara meletakkan bongkahan-bongkahan kayu dan besi dari bangunan kios yang dirusak di sepanjang rel Pondok Cina. Di sana juga terpampang poster yang bergambarkan wajah SBY, Dahlan Iskhan, dan Ignasius Ionan (Direktur PT KAI). "Dicari! Orang Hilang" begitulah kata-kata dari poster tersebut.


Entah siapa dalang di balik penggusuran paksa itu. Bukankah pemerintah telah memiliki petugas khusus untuk menertibkan tempat umum? Akan tetapi mengapa oknum tidak berwenang yang mengambil alih tindakan tersebut, bahkan secara paksa? Di manakah ketiga orang hilang tersebut? Di mana pula hati nurani mereka? (tik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar