Klik!

Rabu, 25 Juli 2012

Aneka Makanan Khas Berbuka Puasa Dari Berbagai Negara

Setiap negara memiliki makanan khas untuk berbuka puasa, terutama negara yang mayoritas penduduknya ialah umat muslim. Beberapa negara yang memiliki makanan khas untuk berbuka puasa, yaitu: 

1. TURKI
Roti Pide


Roti Pide adalah roti panggang yang khusus hanya dijual ketika Ramadhan. Roti ini biasanya disantap dengan sup iftiraye sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa.

Güllaç
Güllaç adalah makanan pencuci mulut yang terbuat dari air mawar dan disajikan dengan berbagai rempah khas Turki.

2. LIBANON
Mezza
Mezza merupakan menu khas berbuka puasa di Libanon yang terdiri dari aneka daging panggang dan houmus.

3. YORDANIA
Mansaf
Mansaf adalah makanan khas berbuka puasa di Yordania berupa daging domba yang dibumbui dengan aneka rempah-rempah.

Qatayef
Qatayef adalah makanan sejenis pancake yang kayu manis yang diisi dengan kenari dan gula, serta disantap dengan sirup madu.

4. MESIR
Madames dan Molokheya
Madames dan Molokheya adalah makanan utama berbuka puasa khas Mesir yang ternuat dari daging ayam dan nasi.

5. INDIA
Hyderabad Haleem
Hyderabad Haleem adalah makanan berbuka puasa khas India yang namanya diambil dari daerah mayoritas muslim di India. Makanan yang mirip dengan bubur gandum ini memiliki cita rasa yang pedas, gurih, dan biasanya disantap dengan daging domba.

6. PAKISTAN
Samosa
Makanan berbuka puasa khas Pakistan ialah Samosa. Samosa biasanya berbentuk segita dengan rasa yang pedas dan disajikan dengan saus di atasnya.

7. BANGLADESH
Rooh Afza
Minuman segar dari Bangladesh ini bernama Roof Afza. Minuman yang menjadi menu pembuka ini terdiri dari berbagai rasa, salah satunya ialah serbet lemon.

8. MALAYSIA
Nasi Lemak
Nasi Lemak adalah makanan khas Malaysia yang terdiri dari daging ayam berbumbu, telur, dan sayuran. Walaupun orang-orang muslim di Malaysia biasa berbuka dengan kurma dan makanan kering, nasi lemak merupakan makanan wajibnya.

9. INDONESIA
Kolak Pisang
Ini dia makanan berbuka khas Indonesia! Ya, kolak pisang! Kolak pisang berupa kuah santan dan gula merah yang bisanya terdiri dari potongan-potongan pisang, ubi, dan kolang-kaling. Namun, ada juga yang ditambah dengan singkong dan pacar cina.

sumber: www.kaskus.us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar