Klik!

Jumat, 13 Juli 2012

Tips Memilih Sepatu Futsal

Kamu hobi futsal? Baru mau beli sepatunya? Pilih yang berkualitas, gan! Ada baiknya memilih sepatu futsal yang tepat dan sesuai, bukan cuma modelnya saja yang futsal. Selain demi kenyamanan berfutsal, memakai sepatu futsal yang tepat juga dapat mencegah terjadinya cedera, loh.

Mungkin pada dasarnya skill bermain futsal memang tidak ditentukan oleh sepatu futsal merk apa yang dipakai. Namun, akan lebih baik jika itu juga didukung oleh sepatu futsal yang tepat. Kualitas lokal juga gak kalah bagus kok. Berikut ini adalah tips dalam memilih sepatu futsal:

1. Penyangga Tumit yang Empuk
Ini sangat penting dalam kriteria sepatu futsal karena sebagai penyangga tumit. Selain memberi kenyamanan dan agar tumit tidak lecet, penyangga tumit ini juga berfungsi untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya cedera tumit (enkle).

2. Sol yang Empuk dan Dalam
Sol yang empuk dan dalam akan memberikan kenyamanan berlari dalam futsal. Selain itu juga membuat kaki tidak cepat pegal.

3. Alas Sepatu dari Karet Mati
Usahakan memilih alas sepatu futsal yang berbahan karet mati. Karena selain alas tidak cepat rata jika sering dipakai futsal, alas jenis ini juga cocok dipakai di lapangan futsal indoor ataupun outdoor. Teksturnya tidak licin dan lebih tahan lama. Ada juga sepatu futsal yang memiliki pull. Ini lebih cocok untuk bermain futsal di lapangan rumput sintetis.

4. Ujung Sepatu Tumpul
Sering kita temui sepatu futsal berujung lancip. Namun, disarankan agar memilih sepatu futsal yang berujung tumpul karena bisa menghasilkan tendangan yang lebih keras dan terarah.

5. Tali Sepatu Tidak Tertutup
Tali sepatu yang tidak tertutup oleh body sepatu berfungsi untuk memudahkan kita dalam menggiring bola dengan punggung kaki.

6. Adanya Lubang Kecil Sirkulasi Udara
Tidak semua sepatu futsal memiliki lubang-lubang kecil untuk sirkulasi udara. Padahal ini juga penting untuk menjaga kelembaban kaki dan sepatu.

7. Ukuran Sepatu Pas dengan Kaki
Yang pasti kita harus memilih ukuran sepatu yang pas dengan kaki kita, gan! Kalau kita suka dengan modelnya tapi ukurannya tidak pas, lebih baik cari pilihan yang lain, ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar