Klik!

Senin, 09 Juli 2012

Jajanan Tradisional Indonesia yang Mulai Langka

Berikut ini adalah beberapa jajanan tradisional Indonesia yang sudah mulai langka atau jarang kita temui. Yang biasanya sering lewat depan rumah atau mangkal di dekat rumah kita, kini sudah tidak lagi. Mungkin kita akan menemui jajanan ini di suatu event khusus atau di daerah tertentu. Padahal terkadang kita merindukan jajanan yang rasanya enak dan merakyat ini.

1. Bajigur

sajiansedap.com
hanjuang.com
Bajigur adalah minuman hangat khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Bahan utamanya adalah gula aren, dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam dan bubuk vanili. Minuman yang disajikan panas ini biasa dijual dengan menggunakan gerobak yang menyertakan kompor. Bajigur paling cocok diminum pada saat cuaca dingin dan basah sehabis hujan. Makanan yang sering dihidangkan bersama bajigur adalah pisang rebus, ubi rebus, kacang rebus, dan timus.

2. Sekoteng 
v-recipes.blogspot.com
kitabmasakan.com
Sekoteng adalah minuman asli Jawa Tengah berasa jaheyang biasa dihidangkan panas. Bahan lain yang biasanya dicampur ke dalam minuman sekoteng adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina dan potongan roti. Sekoteng biasa dihidangkan pada malam hari. Sekoteng biasanya dijual keliling dengan menggunakan gerobak pikul. Satu sisi untuk panci air jahe beserta kompornya sedangkan sisi lain adalah tempat bahan campuran dan tempat mempersiapkan sekoteng

3. Kue Rangi
us.detikfood.com
kaskus.us
Kue rangi adalah kue khas Jakarta yang terbuat dari adonan kelapa. Kue rangi disajikan dengan lumuran gula kental yang terbuat dari campuran gula merah dan tepung sagu. Biasanya, kue rangi dijajakan setiap pagi menjelang siang. Sangat cocok untuk dijadikan teman sarapan dengan rasanya yang manis.

sumber: www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar