Klik!

Senin, 10 September 2012

5 Hal Penting Untuk Kesehatan Tubuh yang Dianggap Sepele

Buang angin, buang air, sendawa, bersin, dan berkeringat adalah hal penting untuk kesehatan tubuh kita. Mungkin beberapa orang menganggap itu adalah hal sepele dan tidak perlu sering dialami. Padahal jika tidak rutin kita alami dapat menimbulkan penyakit yang tidak terduga, bahkan mengeluarkan biaya banyak untuk penyembuhan. Namun, itu juga merupakan penyakit jika berlebihan kita alami.

1. Buang Angin
Buang angin memang termasuk hal memalukan jika suaranya didengar atau baunya tercium oleh orang lain. Namun, buang angin merupakan suatu kenikmatan dan kesehatan, terutama untuk lambung. Karena jika kita tidak dapat buang angin, lambung kita akan sakit dan kaku akibat gas beracun yang tertimbun di dalamnya.



2. Buang Air
Banyak orang di antara kita yang mengalami kesulitan buang air (kecil/besar). Kesulitan buang air akan membuat perut kita gendut karena sisa makanan yang harus dibuang tertimbun dalam lambung atau usus. Dalam jangka waktu lama, itu akan menyebabkan penyakit dan ketidaknormalan sistem pencernaan. Maka dari itu, bersyukurlah bagi kamu yang sistem pencernaannya normal. Jangan pernah menunda buang air jika sudah kebelet karena itu juga akan menyebabkan penyakit.


3. Sendawa
Sendawa adalah keluarnya gas dari lambung melalui kerongkongan dan mulut setelah kita selesai makan. Biasanya, sendawa mengeluarkan bunyi yang tidak indah dan tidak enak didengar. Namun, jangan menahan atau mencegah sendawa karena akan menyebabkan mual. Mual tersebut terjadi karena gas yang seharusnya keluar dari lambung melalui kerongkongan dan mulut untuk menurunkan makanan justru tertahan di kerongkongan. Maka dari itu, sendawalah selagi kamu bisa, tetapi harus tetap sopan (menutup mulut) agar suara sendawa kita tidak terdengar orang lain.


4. Bersin
Banyak orang yang beranggapan bahwa bersin adalah tanda berpenyakit. Padahal itu belum tentu benar, tergantung dari seberapa sering kita bersin dalam sehari. Jika bersin masih terhitung normal, yaitu 1 hingga 3 kali sehari, itu adalah proses keluarnya penyakit/virus dalam tubuh agar tidak terjangkit flu. Namun, jika sudah melebihi batas normal, itu adalah gejala penyakit flu. Tutuplah mulut ketika kamu bersin agar penyakit/virus tidak menular ke orang lain.




5. Berkeringat
Banyak orang terutama wanita yang tidak ingin berkeringat. Alasannya beragam, entah itu karena jijik, bau, lepek, dan sebagainya. Berkeringat justru menyehatkan untuk tubuh kita karena racun dan lemak dalam tubuh keluar dari kulit berupa cairan. Bau tidaknya keringat adalah tergantung dari apa yang kita makan dan bahan baju apa yang kita pakai. Agar keringat tidak berbau, pakailah baju yang berbahan katun dan parfum yang tidak terlalu menyengat. Baju berbahan katun dapat menyerap keringat dan menyirkulasi uapnya sehingga tubuh tidak terasa panas. Jadi, jangan takut berkeringat ya!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar