Klik!

Minggu, 23 September 2012

Gejala Kanker Reproduksi pada Wanita

Banyak wanita yang tidak tahu apa saja gejala kanker reproduksi. Salah satunya mungkin saja pernah kita alamai, meskipun tidak selalu positif (gejala kanker reproduksi). Namun, para wanita perlu mengetahui apa saja penyebabnya agar bisa lebih waspada.

Seperti yang dilansir dari My Health News Daily (21/09), kanker reproduksi terdiri dari kanker serviks, ovarium, rahim, vagina, dan vulva. Memang hanya pemeriksaan kanker serviks saja yang dianjurkan untuk dilakukan wanita. Namun mereka juga sebaiknya menyadari gejala awal dan berkonsultasi dengan dokter.

"Penelitian kami menunjukkan pengetahuan tentang kanker reproduksi perlu dipahami dengan baik oleh wanita," terang peneliti Cynthia Gelb

Gejala kanker reproduksi itu berupa:
1. rasa gatal pada vagina,
2. nyeri punggung atau dada,
3. sering cepat lelah,
4. sering buang air kecil, dan 
5. perut kembung saat.

Meskipun tidak selalu gejala di atas adalah gejala kanker reproduksi, perlu diketahui dan diatasi bila hal-hal itu tak kunjung berhenti atau terus dialami. Lebih baik segeralah konsultasi ke dokter bila gejala tersebut makin parah.

"Semakin cepat kanker terdeteksi, wanita akan semakin diuntungkan. Penyakit lebih cepat disembuhkan dengan pengobatan yang efektif," tulis Gelb dalam jurnal Family Practice.


*sumber: merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar