Klik!

Jumat, 07 September 2012

Jalan Tercuram di Dunia

1. Jalan Yungas Utara, Bolivia

jalan maut

Jalan Yungas Utara membentang sepanjang 61-69 km dari La Paz (ibu kota Bolivia) hingga Coroico di kawasan Amazon, Yungas. Diperkirakan sebanyak 200-300 orang tewas dalam kecelakaan tiap tahunnya. Karena itu, sepanjang jalan Yungas banyak ditancap salib untuk menandakan tempat terjadinya kecelakaan. Karena sejak dulu saking bahayanya dan banyak menelan korban jiwa, jalan Yungas Utara pun melegenda.

2. Terowongan Guoliang, Cina

jalan maut

Jalan di sepanjang terowongan Guoliang ini dibangun oleh penduduk desa setempat. Pembuatan terowongan sepanjang 1,2 km dengan tinggi 5m dan lebar 4m itu memakan waktu selama 5 tahun. Meskipun sejumlah penduduk tewas saat pembuatan jalan, proyek ini tetap dilanjutkan hingga selesai. Sejak 1977 hingga sekarang, terowongan ini telah dipakai untuk lalu lintas.

3. Ruta 5: Arica-Iquique, Chili

jalan maut

Jalan ini sangat terkenal dengan bahayanya dan sering menimbulkan halusinasi. Kadang-kadang muncul mobil atau bis melintas dengan kecepatan tinggi, padahal itu hanyalah halusinasi yang dapat disebabkan oleh pemandangan monoton sepanjang jalan. Maka dari itu kita harus sangat konsentrasi selama menempuh perjalanan di sini. Banyak kerangka kendaraan di dasar lembah yang menandakan banyaknya terjadi kecelakaan di sepanjang jalan ini.

4. Jalan Siberia-Yakutsk, Rusia

jalan maut

Daerah ini pernah mengalami suhu terdingin di luar Antartika yang menyebabkan jalan Siberia-Yakuts membeku. Karena itu, jalan ini tidak pernah diaspal sehingga terlihat apa adanya. Ketika musim hujan menuju musim panas, jalan ini menjadi berlumpur sehingga banyak kendaraan terjebak di jalan ini. Akibatnya, terjadilah kemacetan panjang, perkelahian, penjaharan, dan penculikan orang-orang yang lewat. Jalan ini juga berbahaya karena sering turun salju lebat dan kabut yang menyebabkan penglihatan terbatas.

5. Jalan Raya Sichuan, Tibet

jalan maut

Jalan Sichuan sering sekali terjadi longsor tanah dan batu. Dengan panjang 2.412 km, jalan ini melalui 14 gunung yang tingginya 4-5 km, lusinan sungai, dan hutan tua yang ekstrim.

6. Jalan Raya James Dalton, Alaska

jalan maut

Jalan raya James Dalton adalah jalan berbatu. Kendaraan yang melintas di jalan ini akan terkena lontaran batu kerikil dan debu dari kendaraan lain yang melintas. Banyak kendaraan mengalami kerusakan selama menempuh jalan ini. Hingga kini pun belum ada bengkel mobil atau pom bensin di sepanjang jalan raya James Dlaton.

7. Jalan Patiopoulo-Perdikaki, Yunani

jalan maut

Jalanan ini merupakan jalanan yang kotor, sempit, curam, dan padat lalulintas. Jalanan ini memiliki tanjakan dan turunan yang cukup tajam, sempit dan tidak ada pembatas atau pagar pengaman di sepanjang jalanan. Bis, mobil, truk, pejalan kaki, hingga hewan ternak melintasi jalan ini. Tentu kondisi jalan seperti sangat berbahaya dan tidak jarang menimbulkan kecelakaan.

8. Trollstigen, Norwegia

jalan maut

Trollstigen adalah jalanan di pegunungan Rauma, Norwegia, yang curam dengan belasan tikungan tertajam. Meskipun begitu, banyak turis yang datang untuk menantang adrenalin di jalan ini.

9. Jalan Lintas Stelvo Trollstigen, Italia

jalan maut

Jalanan ini merupakan lintasan yang terdapat dipegunungan Alpen timur dan memiliki 48 tikungan tajam.

*sumber: www.nyebur.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar